IMG 20231001 105845e

Hindukupang.com - NTT
, Suasana di hari minggu bertempat di Wantilan Pura Oebanantha Kupang dilakukan Deklarasi Pura Ramah Anak, dengan bertemakan Anak terlindungi Menuju Indonesia Maju, Gerakan Nasional Revolusi Mental, 1 Oktober 2023.
Acara ini Turut dihadiri oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), yaitu Ibu Putri Bainuriza Qodriz sebagai Analis Kepemudaan, Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga.
Kemudian hadir Juga Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat yaitu Sekretaris Bidang Pemberdayaan Pemuda, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) ibu Ni Luh Puspasari,S.Pt.

Serta juga hadir pula dari Kementerian Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kepala Dinas PPPA Kota Kupang Ibu Ir.Clementina Soengkono , Bimas Hindu NTT yang diwakili Penyelenggara Bimas Hindu Kota Kupang, Organisasi/Lembaga Hindu Provinsi NTT dan Kota Kupang, Banjar Dharma Agung Kupang, Pengempon Pura, dan dilanjutkan Penandatanganan Banner Peresmian Pura Oebananta sebagai Tempat Ibadah Hindu (Pura) yang Ramah Anak.

Baca Juga : Berita dan informasi Hindu Kupang dan Hindu di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Hindu Dharma di Nusantara Indonesia

IMG 20231001 092905

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Kupang Bapak Dokter I Wayan Ari Wijana S.Putra,M.Si (Foto : Hindukupang.com)

PRA1

Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat yaitu Sekretaris Bidang Pemberdayaan Pemuda, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) ibu Ni Luh Puspasari,S.Pt. bersama Para Penari Pendet, Siswi-Siswi SD Hindu Adi Widya Pasraman Saraswati Kupang NTT.

IMG 20231001 093011

PRA5

Menurut Ibu Ni Luh Puspasari,S.Pt, sebagai Pengurus PHDI Pusat pada Sekretaris Bidang Pemberdayaan Pemuda, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) bahwa Kegiatan ini dibuat di 5 Provinsi, dan baru pertama dilaksanakan untuk wilayah 22 Kabupaten Kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur, maka Pura Oebanantha Kota Kupang yang terpilih menjadi Pura Ramah Anak, karena Pura Oebanantha ini yang merupakan Pura Pertama berdiri di wilayah NTT sejak Tahun 1950an, serta Pura Oebanantha juga masuk menjadi Padma Bhuwana Nusantara wilayah Tenggara oleh Pesamuhan Agung dalam Ketetapan MAHASABHA PHDI. Majelis tertinggi agama Hindu yakni Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) menetapkan sembilan pura yang ada di sembilan penjuru Indonesia yang disebut Padma Bhuwana Nusantara. Penetapan ini termuat dalam Ketetapan Mahasabha X Nomor: VII/TAP/MAHASABHA X/2011 tentang Padma Bhuvana Nusantara, diantaranya : Pura Agung Surya Bhuvana di Jayapura wilayah Timur, Pura Jagatnatha Oebanantha di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mewakili wilayah Tenggara Nusantara, Pura Luhur Uluwatu mewakili wilayah Selatan Indonesia tepatnya di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Kemudian Pura Parahyangan Agung Jagatkartta mewakili wilayah barat daya tepatnya di Kabupaten Bogor. Pura Agung Sriwijaya mewakili wilayah Barat, tepatnya di Kota Palembang. Kuil Agung Shri Mariamman sebagai tempat suci umat Hindu etnis India. Kuil ini mewakili wilayah Barat Laut tepatnya di Kota Medan Pulau Sumatera. Pura Agung Giri Jagat Natha mewakili wilayah Utara tepatnya di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Pura Agung Jagadhita mewakili wilayah Timur laut tepatnya di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Pura Agung Pitamaha mewakili wilayah Tengah Nusantara tepatnya di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah di Pulau (Borneo) Kalimantan.

IMG 20231001 103302

Anak-Anak Hindu Adi Widya Pasraman Saraswati dalam Balutan Busana Flobamora NTT yaitu Pakaian Adat Budaya dari Alor, Sabu, Manggarai, Sumba, dan Amarasi Timor. (Foto : RyGuN)

IMG 20231001 103620

IMG 20231001 105554

Ketua PHDI Kota Kupang Bapak Dokter I Wayan Ari Wijana S.Putra,M.Si mengungkapkan kegiatan ini sebagai bagian dari Kunjungan Pengurus PHDI Pusat bersama Kemenko PMK, yang sekaligus PHDI Kota Kupang membentuk tim pengurus Pura Ramah Anak yang diketuai oleh Bapak dr.Made Kawiana serta juga penetapan Pengurus Pura Ramah Anak melalui SK Penjabat Walikota Kupang, untuk berbagai Pura Lainnya yang ada di wilayah Kota Kupang NTT. Pengurus PHDI NTT yang diwakili oleh Sekretaris PHDI NTT Bapak Dr.Gusti Bagus Adwita Arsa juga mengatakan Pura Ramah Anak (PRA) adalah merupakan Tempat Ibadah yang juga nyaman dan ramah bagi anak, baik secara fisik dan mental anak, sehingga Pura sebagai sentral dari berbagai aktifitas keumatan Hindu dan juga pendidikan yang ramah anak.

 

IMG 20231001 102436

Seperti diungkapkan juga oleh Ibu Putri Bainuriza Qodriz sebagai Analis Kepemudaan, Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), bahwa di Pulau jawa ada beberapa Mesjid juga orang tua membawa anak dan tempat ibadah sebagai wilayah yang ramah bagi tumbuh kembang anak.

Acara yang berlangsung jam 09:00 wita dalam semangat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 ini dimulai dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, tarian Pendet dari Anak-anak Sekolah Hindu Adi Widya Pasraman Saraswati, kemudian dilanjutkan Pembacaan Sloka Kitab Suci VEDA dari siswa Pasraman Upanisada.

Baca Juga : Berita dan informasi Hindu Kupang dan Hindu di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Hindu Dharma di Nusantara Indonesia

PRA2

PRA3

Kegiatan ini sekaligus dengan Penyampaian Deklarasi dari seluruh Organisasi dan lembaga Hindu yang ada di Kota Kupang dan Wilayah Provinsi NTT, sekaligus penyerahan SK dari PHDI Kota Kupang Bapak dr.Wayan Ari Wijana kepada Pengurus Pura Ramah Anak yaitu Bapak dr.Made Kawiana.
Adapun isi Deklarasi Pura Ramah Anak yaitu :
Kami Berkomitmen Mendukung Pura Ramah Anak Untuk Menyiapkan Generasi Penerus Yang Tangguh, Inovatif, Kreatif, Berkarakter Dan Bermartabat.

1. Melakukan Pelayanan Anak Dengan Prespektif Anak
2. Mengutamakan Kepentingan Yang Terbaik Bagi Anak
3. Mengasihi Anak Tanpa Diskriminasi Dan Tanpa Syarat
4. Memenuhi Hak Hidup, Kelangsungan Hidup Dan Tumbuh Kembang Anak
5. Memberikan Ruang Seluas Luasnya Untuk Berpartisipasi, Termasuk Melibatkan Anak Dalam Pengambilan Keputusan.

Kupang, 1 Oktober 2023 Yang Bertanda Tangan Di Bawah ini :
Kemenko PMK, Kementerian PPPA, Kementerian Agama Bimas Hindu NTT Penyelenggara Bimas Hindu Kota Kupang, PHDI Pusat, PHDI NTT, PHDI Kota Kupang, WHDI NTT, WHDI Kota Kupang, Pemerintah Daerah Kota Kupang, Badan Penyiaran Hindu NTT, Peradah NTT, PD.KMHDI NTT, LPDG, BDDN NTT, Hindu Peduli, Banjar Dharma Agung Kupang (BDAK), Yayasan Upanisada, Dewi Shri, Kepala Sekolah Adi Widya Pasraman Saraswati, Kepala Taman Kanak-Kanak Hindu Pratama Widya Pasraman Saraswati, ICHI NTT, Hindukupang.com , Dekornas Puskor Hindunesia, Forum Alumni KMHDI, Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Koordinator Wilayah NTT, Posyandu Narayana, Peradah Kota Kupang, Pasraman Upanisada.
Acara dilanjutkan dengan Tarian Kreasi bumi Flobamora NTT yakni Tari "Tamang Pung Kisah" dari Anak-anak Sekolah Hindu Adi Widya Pasraman Saraswati dan TK Hindu Pratama Widya Pasraman Saraswati dengan Pakaian Adat Budaya dari Alor, Sabu, Manggarai, Sumba, dan Amarasi Timor, yang kemudian diikuti oleh menari bersama-sama para peserta Deklarasi Pura Ramah Anak.

IMG 20231001 103615

IMG 20231001 112049e
Kegiatan ini diisi dengan SembaHyang Puja Tri Sandhya tepat jam 12:00 dan makan siang bersama , kemudian dilakukan Bimbingan dan Teknis (BIMTEK) pura ramah anak untuk semua pimpinan Organisasi dan Lembaga Hindu yang ada di Kupang dan NTT. (Hindukupang/Guntara).

Photo : #hindukupang.com
#KemenkoPMK, #KemenPPPA , #Hindukupang, #PuraOebanantha , #PuraRamahAnak, #Kupangkota , #PHDINTT, #WHDINTT, #PSNNTT, #PeradahNTT, #PD.KMHDINTT, #PuskorHindunesia, #ForumAlumniKMHDI, #ICHINTT, #YayasanUpanisada, #PHDIKotaKupang, #WHDIKotaKupang, #PeradahKotaKupang, #BanjarDharmaAgungKupang, #BDAK, #PengemponPura, #BimasHinduNTT , #PenyelenggaraHinduKotaKupang , #Kupangkota

IMG 20231001 100019e
Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Kupang Ibu Ir.Clementina Soengkono. (Foto : RyGuN)

IMG 20231001 094448

Putu Dharma , Ketua Pemuda Hindu (Peradah) Kota Kupang dan Hindukupang.com , Alumni KMHDI

Baca Juga : Berita dan informasi Hindu Kupang dan Hindu di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Hindu Dharma di Nusantara Indonesia