01

Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Provinsi NTT (PD.KMHDI NTT), Wujudkan Semangat Gerakan Menanam Sejuta Pohon bagi Generasi Muda di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Satu pohon memiliki sejuta manfaat bagi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup. Namun, beberapa tahun belakangan ini, pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang dan dikorbankan. Hilangnya satu pohon telah memutus mata rantai kehidupan. Pohon ditebang menyebabkan panas bumi meningkat, jumlah pasokan oksigen semakin berkurang dan tingkat polusi udara cenderung meningkat. Demikian pula jumlah pasokan air dalam tanah semakin berkurang sehingga mengakibatkan masyarakat kesulitan memperoleh air bersih.

Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Provinsi Nusa Tenggara Timur melaksanakan kegiatan “Gerakan KMHDI Menanam Sejuta Pohon” yang bertempat di pembangunan SD Hindu pada Sabtu, (19/03).

Dalam kesempatan tersebut, PLT Ketua PD KMHDI NTT sdri.Ni Nyoman Putri menyampaikan bahwa aksi penanaman pohon ini merupakan suatu wujud aksi nyata mahasiswa Hindu sebagai Agent of Change dalam rangka mengurangi pemanasan global.

05  04

“Bumi kita dalam beberapa decade terakhir mengalami kenaikan suhu yang ekstrim akibat banyaknya pohon yang ditebang dan , sehingga yang harus kita lakukan adalah dengan menanam banyak pohon agar kehidupan di bumi ini tetap terjaga” jelasnya. Senin (21/3)

Agus Parama Natha selaku Ketua Biro Sosial Masyarakat PD KMHDI NTT mengatakan bahwa melalui kegiatan ini PD KMHDI NTT mengajak masyarakat kota kupang untuk merawat dan melestarikan alam karena sebagai sesama makhluk hidup kita harus saling menjaga, sebab pohon sangat vital untuk kehidupan bumi, termasuk didalamnya yaitu manusia dan hewan.

“Kami berharap melalui kegiatan ini kami dapat menginspirasi banyak orang tentang pentingnya menjaga alam dimulai dari menanam pohon. Tanamlah pohon sebelum terlambat!” Tutupnya.

02

Sementara itu, Kepala BPDASHL yang dalam hal ini diwakili oleh Kasubag Tata Usaha Bapak I Gusti Sukayasa, S.P.,MP yang sekaligus membuka kegiatan penanaman pohon mengatakan kegiatan ini sangat baik, KMHDI mampu menjadi pelopor untuk menanam pohon di kupang.

“Harapannya kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial tetapi akan terus berkelanjutan”. Ujar beliau saat menyampaikan sambutan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua PHDI Prov. NTT, Ketua DPP PERADAH NTT, Ketua DPK PERADAH Kota Kupang, organisasi & lembaga Hindu, Ketua RT dan RW setempat, beserta rekan-rekan OKP lainnya. (pd.kmhdi ntt/agus natha)

03