Hindu Beternak1

Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Kupang bersama Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada 3 April 2022 Mendukung Kemandirian Ekonomi bersama Hindu Beternak Ayam Kampung di Kupang NTT.  Hindukupang.com mendapatkan informasi Kunjungan Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur di lokasi Hindu Beternak Ayam "Kampung Unggul Balitbangtan (KUB)" yang terletak di batas Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur , bersama PHDI Kota Kupang dan tim teknis peternakan.

Video Hindu Beternak (Klik Disini) : 

 

Hindu Beternak11Hindu Beternak10Hindu Beternak9

Hindu Beternak12
(Arsip Foto hindukupang.com saat Upacara Mecaru "Hindu Beternak" dipimpin oleh Pinandita I Wayan Suparta,S.Ag pada 17 Januari 2022 di Purnama Kawolu)

www.hindukupang.com , Setelah gerakan Gemar Tani dengan "Hindu Berkebun" berbagai sayuran, hortikultura, semangka dan bunga Gemitir (MaryGold) terlaksana, saat ini juga dimulai Hindu Beternak, dimulai dengan peternakan ayam kampung. Hal ini dilakukan guna memperkuat produksi dan stok pangan tanaman pengendali inflasi, dan ketersediaan ternak, khususnya ayam serta telur, Sebagai bentuk dukungan pemulihan ekonomi nasional dan juga menjaga stabilitas stok di masyarakat.

Baca Juga Berita : Gemar Tani Hindu Berkebun Panen Raya Bersama Bank Indonesia (BI) NTT

Hindu Beternak4

Menurut Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur mengatakan program "Hindu Beternak" bersama PHDI Kota Kupang di hindukupang.com ini diharapkan bisa menjadi stimulus untuk membangkitkan semangat para peternak , khususnya ribuan ayam kampung yang ada di Hindu Beternak ini untuk menjadi 3 bagian yakni sebagian ayam pedaging, sebagian ayam petelur, sebagian untuk penetasan (brooding). Selain itu bisa membangun jiwa entrepreneur di generasi muda hindu kupang NTT. Mari Kita Beternak, menjadi sukses, menjadi pengusaha yang luar biasa, salam kebangkitan Umat Hindu Kupang NTT, pungkas Nyoman Ariawan dengan senyumnya yang khas. Ketua PHDI Kota Kupang Bapak I Wayan Wira Susana,SE sangat mengapresiasi dukungan Bank Indonesia NTT kepada Hindu Beternak ini bersama tim support hindukupang.com agar menjadi momentum untuk kemandirian dalam mendukung organisasi dan juga pelayanan keumatan, khususnya di penguatan ekonomi keumatan Hindu.

Hindu Beternak7

Tim teknis Hindu Beternak Ibu Ketut Puspa,S.Pt mengatakan ayam kampung unggul Balitbangtan (KUB) ini memiliki ketahanan fisik yang lebih baik, namun cukup agresif dan lincah, berbeda dengan ayam jenis lainnya. Dan dari pola makan, apapun yang diberikan juga sangat diminati oleh Ayam KUB, bisa jagung giling, konsentrat yang dicampur dedak halus sekam padi, hingga dedaunan seperti kangkung dan juga gedebong atau batang pisang, namun harus diselingi di setiap jadwal pakan ayam.

Hindu Beternak3 Hindu Beternak5

Koordinator lapangan Hindu Beternak, sdr.Rary Triguntara, yang juga merupakan Alumni KMHDI NTT serta anggota Puskor Hindunesia ini mengungkapkan Ternak Ayam Kampung KUB mempunyai tantangan tersendiri dalam pemeliharaannya, serta diperlukan disiplin dan juga telaten dalam menjaga pola makan serta vitamin bagi ayam kampung. Sesuai wawancara singkat bersama tim Afrofarm yang berpengalaman di bidang ayam kampung KUB dan juga pendampingan dari Bapak Ir.I Ketut Jaya,MP mengatakan dalam pemeliharaan ayam diperlukan mindset peternak yang handal serta juga kreatifitas dalam menjaga manajemen kandang, manajemen pakan, hingga manajemen pasca panen serta kesehatan ayam dengan pakan nutrisi yang alami.
Di Hindu Beternak Ayam Kampung KUB ini terdiri dari 5 bagian dan beberapa kandang yaitu kandang Brooding bagi DOC, Kandang Pembesaran, Kandang Petelur, Kandang Umbaran, serta Gudang Pakan & peralatan, dan juga Air sumur bor.

Penyediaan ternak ayam kampung KUB ini juga selaras dengan aktifitas umat hindu kupang NTT yang sering menggunakan Ayam sebagai persembahan Suci (Yadnya) dalam Upacara Hindu, seperti upacara Mecaru, upacara Piodalan di Pura yang masih perlu bahan upakara dan upacara seperti ayam (ulam) dan juga telur ayam di Banten Daksina. Saat ini pun di bulan April 2022 sesuai data update tim support Hindukupang.com sudah dipercaya untuk beberapa lahan / potensi tanah milik keumatan Hindu Kupang agar bisa dikelola dengan luas total mencapai 25.500meter persegi (2,5 hektar). 

Selamat dan sukses untuk "Hindu Beternak" dan Juga "Hindu Berkebun" yang bisa "Hindu Berikan" .

Video Hindu Beternak (Klik Disini) : 

Video Hindu Berkebun (Klik Disini) 

www.hindukupang.com
photo dan video : Rary Triguntara
musik :
alive - ikson
together - ikson

#hindukupang , #hindubeternak, #hinduberkebun , #hinduberikan , #peternakanAyam , #AyamKampung , #AyamKUB , #AyamKampungkupangntt ,

Hindu Beternak8Hindu Beternak13Hindu Beternak6

Hindu Beternak

 Hindu Beternak14