dirjen5

Peletakan Batu Pertama (Groundbreaking) Pembangunan Gedung Sekolah Hindu Saraswati di kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, oleh Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia, Bapak Dr.Tri Handoko Seto,S.Si,M.Sc , dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2021, jam 17:45wita, di Kelurahan Belo, Kota Kupang NTT. Turut Hadir dalam acara ini diantaranya :
Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTT, Bapak Ir.Semuel Rebo (mewakili Gubernur NTT),
Staf Ahli Pemerintah Kota Kupang Bapak Thomas D. Dagang,S.Sos (mewakili Walikota Kupang),
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Drs.Yakobus Beda Kleden,MM,
Pandita (Sulinggih) Ida Rsi Agung Nanda Wijaya Kusuma Manuaba (anggota FKUB Provinsi NTT),
Ketua Yayasan Upanisada Pendidikan Hindu, Anak Agung Gede Sayang Mega Putra,
Ketua Panitia Pembangunan Sekolah Hindu (PPSH) Bapak dr.Dewa Putu Sahadewa,Sp.OG,
Sekretaris PHDI NTT Bapak Dr.I Gusti Bagus Adwitaarsa,
Ketua PHDI Kota Kupang Bapak I Wayan Wira Susana,
Kepala Bank Indonesia (BI) NTT, Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja,
Komandan Lantamal VII, Bapak Laksamana Pertama (TNI AL) I Gusti Kompiang Aribawa.
Pembimas Hindu NTT, Ibu Ni Wayan Sunarsih,
Ketua WHDI NTT, ibu dr.Dewa Ayu Suswati,MARS ,
Ketua WHDI Kota Kupang, Ibu dr.Dewa Ayu Putu Sinta Widari,Sp.KJ ,
Ketua Banjar Dharma Agung Kupang, Bapak I Wayan Sumartika,
Ketua Paruman Walaka PHDI kota Kupang, Prof.I Gusti Bagus Arjana,
Penyelenggara Bimas Hindu Kementerian Agama Kota Kupang, Bapak I Gusti Putu Wirata,S.Ag
Serta Perwakilan KMHDI NTT, Mahasiswa Hindu,
Perwakilan Pemuda Hindu, Peradah.
Forum Alumni KMHDI NTT, Mbok Putu Widiani & Sdr.RyGuN,
Anggota Dekornas Pusat Koordinasi Hindu Indonesia (Puskor Hindunesia), Rary Triguntara,SKM,
Ketua Badan Penyiaran Hindu (BPH) NTT, Bapak Pinandita Supardi,
Kepala Sekolah Adi Widya Pasraman Saraswati (SD Hindu) Ibu Ni Nyoman Suparwati,
Kepala Pratama Widya Pasraman Saraswati (TK Hindu) Ibu Nyoman Suparini,
Camat, Lurah Belo, Lurah Kolhua, RT, RW dan unsur Pemerintah Kota Kupang NTT.
Ucapan terima kasih kepada Bapak Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI yang telah mendukung penuh pembangunan gedung sekolah Hindu Saraswati di Kuota Kupang NTT, dengan dana bantuan sebesar 800juta rupiah, untuk pembangunan 2 gedung sekolah Pratama Widya Pasraman Saraswati dan Adi Widya Pasraman Saraswati, Teruslah Berkarya dan Berkarma nyata demi umat Hindu di Nusantara ini.

dirjen3

Dalam sambutannya di acara Groundbreaking dan juga Dharma Wacana di Pura Oebananta , Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Bapak Dr.Tri Handoko Seto,S.Si,M.Sc, 19-21 Mei 2021, Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengatakan
pada kunjungan pertamanya ke NTT seusai dilantik Presiden RI menjadi Dirjen Bimas Hindu sangat mengapresiasi  Groundbreaking peletakan Batu Pertama Sekolah Hindu Saraswati (TK & SD Hindu) di kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ketua Yayasan Upanisada Bapak Agung Gede Sayang Mega Putra mengatakan Untuk standar kurikulum Nasional dan informasi kualitas dari Pratama Widya Pasraman Saraswati / TK Hindu Kupang ini sudah terakreditasi B, dan juga sekolah Adi Widya Pasraman Saraswati (SD Hindu Kupang) pun sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-SD 2020). 

dirjen4

Dirjen Bimas Hindu mengatakan Saat ini umat Hindu sedang bergairah untuk menunjukkan jati dirinya sebagai umat Hindu Nusantara di berbagai daerah bermunculan, seperti di Bugis, di Tengger, di satu pulau di kepulauan Maluku, di Kalimantan, dll.Hindu di Nusantara mengalami akulturasi dengan masyarakat sekitarnya dan dengan budaya setempat. Bali menjadi tonggak kekuatan tumbuhnya Hindu untuk bangkit lagi. Sesuai janji Sabdo Palon. Sekian ratus tahun kemudian Hindu di Nusantara akan bangkit lagi.

Tempat ibadah Hindu daerah-daerah di Indonesia pun silakan disesuaikan dengan kultur setempat. Di Bali dengan bentuknya Pura. Di daerah lain bisa seperti rumah adat sesuaikan dengan kultur di daerah masing-masing.
Dalam Bhagawadgita sloka II.13. disebutkan makna arti dari sloka ini :
Kita tidak boleh iri melihat orang lain bahagia. Kita harus merasa bahagia melihat orang lain senang. Kita harus baik sama mahluk lain,Kita harus menjadi insan pemaklum, pemaaf, menjauhkan rasa benci.
Dalam setiap aktifitas kita, Jika kita selalu ingat memusatkan segala kecerdasan pikiran hanya untuk AKU (Hyang Widhi). Maka AKU (Brahman) akan menyayanginya.
dirjen6
Menurut Bapak Tri Handoko Seto, Kita jangan berprilaku seperti MATA LALAT , dimana pun, kapanpun matanya selalu mencari bau busuk. Meskipun berada di tempat yang indah tetap saja bau busuk yang dicari. Bau harum tidak dipedulikan.
Ibarat dalam kehidupan, Kita jangan hanya melihat sesuatu hanya jeleknya saja, Kebaikannya diabaikan.
Setiap orang pasti memiliki 2 sisi, sisi baik dan buruknya. Lihatlah sisi baiknya.
Mari kita berusaha seperti MATA LEBAH :
Lebah, meskipun dia berada di tempat kotor, bau sekalipun, tetap bunga yang dicari untuk mendapatkan madu yang terasa manis.
Maksudnya, hendaknya kita selalu berusaha menemukan kebaikan dari seseorang jangan keburukannya saja yang dilihat siapapun itu, Karena setiap orang punya sisi baik dan sisi buruk. Mari kita lihat kebaikannya. Kejelekannya tidak usah dibesarkan.
Pesan untuk umat semua Hindu di Nusantara Jangan pula seperti "lidi yang berserakan" Bersatulah seperti sapu lidi. Agar kita lebih kuat dan bisa berbuat dan menghasilkan lebih banyak karya.
dirjen1

Keesokan hari acara pun berlanjut Pagi hari jam 08:30-11:30WITA dengan dialog bersama lembaga/organisasi Hindu di Kupang NTT pada aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTT, dilanjutkan  Audiensi di Kantor Gubernur NTT Bersama Wakil Gubernur NTT Bapak Josef A.Naesoi, dan Juga Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia Bapak Dr.Tri Handoko Seto,S.Si,M.Sc , pada 20 Mei 2021, jam 12:00wita, turut mendampingi :

Ketua PHDI Kota Kupang (Bpk.Wayan Wira), Ketua WHDI Kota Kupang (Ibu dr.Sinta Widari,Sp.KJ), Ketua Peradah Kota Kupang (Sdr.Putu Dharma), Sekretaris PD.KMHDI NTT (Sdr.Ketut Wira) Mahasiswa Hindu, Forum Alumni KMHDI, Puskor Hindunesia (Guntara), Pengurus Yayasan Upanisada Pendidikan Hindu (Bpk Agung Sayang, Bpk.Dr.Gusti Budiana, Ibu Ni Nyoman Yuliani) serta Pembimas Hindu NTT (Ibu Ni Wayan Sunarsih) dan Juga Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTT Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja (Sekretaris Sabha Walaka PHDI Pusat), serta Juga Asisten Dirjen Bimas Hindu Pusat (Mbak Herawati) dan sekretaris Pribadi Wakil Gubernur NTT (mbak Mira Tata Usaha Wagub NTT).

dirjen2

Acara pun membahas berbagai hal yaitu sinkronisasi dan komunikasi organisasi/lembaga Hindu bersama Pemerintah Provinsi NTT dan berbagai kontribusi, dukungan umat Hindu dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN), Hindu peduli Covid19 masa Pandemi, serta bantuan Badai Seroja dari umat Hindu Kupang NTT & Hindu Peduli kepada Masyarakat NTT melalui Posko BPBD NTT yang telah dilaksanakan.
Wakil Gubernur NTT, memberikan apresiasi, dan siap sebagai Guru Wisesa (Pemerintah Daerah NTT) mensupport berbagai hal, diantaranya Utsawa DharmaGita (UDG) Nasional 2021 dengan kontingen NTT UDG secara online Daring (dalam jaringan) & Luring (Luar Jaringan) pada 21 September 2021. 
Bapak Josef A.Naesoi , wakil Gubernur NTT mengatakan juga akan mendukung sepenuhnya pembangunan gedung sekolah Hindu Saraswati Kupang NTT untuk mendidik SDM di NTT, serta berbagai aspirasi umat Hindu Kupang NTT lainnya seperti akses jalan masuk menuju Pura Oebananta Kota Kupang NTT untuk segera ditata berdasarkan kajian teknis.

dirjen7

dirjen8

Pada 20 Mei 2021, jam 18:00wita, sore hari Bapak Tri Handoko Seto (Dirjen Bimas Hindu) melakukan kunjungan ke wantilan Pura Oebananta melihat anak TK Hindu Saraswati dan SD Hindu Saraswati, dan dialog bersama Acara pun dilanjutkan menuju Pura Oebananta Kupang NTT sebagai Padma Bhuvana Nusantara (Pura Hindu Wilayah Tenggara Indonesia Yang Wajib Dikunjungi Ketika Tirtha Yatra) , SembaHYANG bersama umat Hindu dan Dharma Wacana dari Bapak Dr.Tri Handoko Seto,S.Si,M.Sc, Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, berkaitan dengan pentingnya membangun sumber daya manusia melalui pendidikan dan kemandirian ekonomi. Acara pun diakhiri dengan foto bersama Jero Gede Dwija I Dewa Ketut Alit, para Pinandita, serta umat hindu kupang. (kgun)

Semoga pikiran dan dukungan yang baik datang dari segala penjuru.
OM Anobadrah Kratavyu Yantu Visvatah.

siaran Pers Media , Koran : https://www.facebook.com/rygun/posts/10218508089525619

Berita Koran Timor Express (Timex) , 20 Mei 2021 halaman 10 :
Gedung Sekolah Hindu Kupang Mulai Dibangun.
Koran Victory News 20 Mei 2021 halaman 11 :
Kerukunan Hidupkan Pendidikan di Kota Kupang
inews Kupang NTT, 21 Mei 2021 : Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sekolah Hindu Saraswati Kupang NTT.
Video YouTube inews Kupang NTT : https://youtu.be/XnUHjb7vMgk