Seroja1

Kota Kupang dan 22 Kabupaten di berbagai wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengalami dampak Banjir dan Badai Siklon Tropis Seroja, pada tanggal 3-5 April 2021. Curah hujan yang sangat lebat dengan intensitas angin yang cukup tinggi membuat banyak pohon tumbang, atap beterbangan hingga berbagai infrastruktur amblas, seperti jembatan, bendungan dan jalan raya. Tiang listrik dan jaringan komunikasi internet juga tumbang pasca badai siklon seroja melanda NTT sejak 4 April 2021, hingga 11 April 2021 ini pun PLN baru mencapai 38% Listrik yang berfungsi di wilayah kupang.

Seroja21

Seroja3

Seroja4Seroja8

Seroja16

Pendataan pun dilakukan para relawan dharma, dari berbagai daerah, dan tanggal 5-6 April diperoleh beberapa informasi yakni ada umat yang terdampak banjir dan badai siklon seroja selama 3 hari melanda NTT. Data yang terhimpun melalui portal media Hindukupang.com, bersama relawan dharma (RaDhar) Puskor Hindunesia serta PHDI Kota Kupang melakukan singap tanggap darurat bencana alam dengan Penyaluran Paket Sembako Tahap 1 kepada  mahasiswa/i Hindu Kader PD.KMHDI NTT, yang kosnya terdampak banjir, Mahasiswa-Mahasiswi Hindu Kupang NTT terdampak banjir dan Badai Siklon Seroja ini juga ditambah  uang saku dari Alumni KMHDI NTT untuk beli Tahu dan Tempe di kos mereka masing-masing.
Kemudian penyaluran paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, mie, telur, energen, dan berbagai bahan pokok lainnya juga distribusikan kepada umat Hindu terdampak lainnya, yaitu tempekan fontein dan tempekan perumnas, pak Ketut Kantor, dan pak Yudi, dan pak Dewa Wirya, Pak Wayan Sangka (tempekan tarus), dan Pak Gusti Bawa (tempekan Kopeta).

Pengumpulan donasi yang terhimpun melalui Hindu Kupang NTT bersama PHDI Kota Kupang ini , dengan penyaluran paket sembako masih akan dilanjutkan beberapa hari ke depan, dengan data-data yang masuk ke hindukupang.com yang selalu di update.
Seroja2

Peta terdampak Banjir dan Badai Siklon Seroja, di 22 Kabupaten dan Kota Kupang Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, 3-5 April 2021, sumber BNPB, update 7 April 2021 jam 14:00wita.
Total mengungsi lebih dari 13.226jiwa, dan jumlah meninggal mencapai 138orang.

Update info :
Donasi yang terhimpun di Hindukupang.com, melalui PHDI Kota Kupang,
Rekening Mandiri : 1810001153346
(konfirmasi transfer bisa hubungi admin 081338688158 untuk rekapan dan croscek )
Atau Donasi (Dana Punia) melalui QRIS (Link Aja, Ovo, Danaku) gambar barcode dibawah.

Seroja

Lebih dari 2000 rumah terdampak kerusakan, warga di wilayah 22 kabupaten dan Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, banyak mengungsi akibat banjir dan badai Siklon Tropis Seroja, 3-5 April 2021 mencapai lebih dari 13.000 jiwa. Puncak angin badai Siklon tropis Seroja ini mulai melanda wilayah Pulau Flores, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Sumba, Pulau Alor, Pulau Timor NTT pada 5 April 2021, jam 01:00wita dini hari sampai jam 05:30wita, dengan intensitas kecepatan mencapai 60 hingga 85km/jam di beberapa titik wilayah NTT.

Banyak rumah atap terbang dan tembok turut jebol, diterpa angin badai, nampak pos polisi hancur ditimpa pepohonan, dan juga puskesmas berlokasi di Pasir panjang kota kupang ditimpa pepohonan serta sekolah dasar (SD) , fasilitas publik jalanan tertutupi batang pohon.
Saat ini beberapa warga , kelurahan , Karang taruna, berbagai daerah sudah mulai membersihkan areal pepohonan yang tumbang menutupi jalan raya.
Presiden RI Bapak Joko Widodo pun tanggal 9 April 2021 telah turun ke lokasi bencana di Flores Timur NTT , dan berbagai kementerian turut serta membantu warga terdampak bencana alam di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu Menteri Sosial, Menteri PUPR, Kepala BNPB , ditemani Gubernur NTT, Panglima TNI, dan Kapolri. 

Semoga semua aman dan dilindungi Tuhan.
www.hindukupang.com
(
Guntara)

#prayforntt, #PresidenRI , #DPRRI, #TNI , #Polri, #DoniMonardo, #BNPB, #menterisosial , #PUPR , #Badaiseroja , #seroja , #siklon , #banjir #kupang , #ntt , #nusatenggaratimur , #bpbdntt , #GubernurNTT , #walikotaKupang , #KarangTarunakupang. #karangtarunantt , #PuskorHindunesia , #Hindukupang , #kotakupang , #kupangkota , #BupatiKupang , #florestimur , #adonara , #malaka , #sabu, #prayforntt , #badai , #siklon , #seroja , #kupang , #kotakupang , #kupangkota , #nusatenggaratimur , #ntt ,

Seroja15Seroja6

Seroja5

 Seroja12

Seroja13Seroja14

Seroja18