Print 

Dharma santi

Malam Dharma Çanti Nyepi umat Hindu Kota Kupang, 19 Maret 2016 yang baru dilaksanakan pertama kali ini membuat rangkaian NYEPI menjadi lengkap dengan simakrama bersama seluruh umat , unsur lintas Agama, dan dihadiri oleh Walikota Kupang yaitu Bapak Jonas Salean, SH,M.Si, hadir juga Ketua DPRD Kota Kupang, Sekretaris Kota Kupang, Bapak Kapolresta Kupang, Bapak Dandim 1604 Kota Kupang, serta unsur muspida sekota Kupang Provinsi NTT.

Rangkaian menyambut NYEPI 1938 Çaka umat Hindu kota Kupang diantaranya dimulai sejak :

inilah Bentuk partisipasi umat Hindu Kota Kupang dalam mewujudkan ajaran HINDU yaitu  TRI HITA KARANA, diantaranya :

 

1. Parahyangan : Hubungan manusia dengan Tuhan, dengan Sembah Hyang saat Upacara Melasti , dan Hari Pengrupukan. agar Bhuana Agung (Alam Semesta)  dan Bhuana Alit (manusia) menjadi bersih, disucikan serta harmoni dalam keseimbangan.

parahyangan1

2. Pawongan : Hubungan manusia dengan sesama , dengan melaksanakan bakti sosial ke SLB, Panti asuhan dan memberi bantuan pada umat Hindu yang memerlukan, serta aksi Donor Darah untuk membantu sesama yang memerlukan, sebab setetes darah anda sangatlah berarti.

pawongan1

3. Palemahan : Hubungan manusia dengan Alam Lingkungan, dengan umat Hindu kota kupang melakukan gotong royong , bersih-bersih di areal taman nostalgia, dan penanaman 24 pohon yang bekerja sama dengan dinas kehutanan, guna menuju Kota Kupang yang Green & Clean.

palemahan1

Acara Dharma Çanti Nyepi umat Hindu kota Kupang berlangsung lancar serta meriah dengan berbagai pementasan seni dan budaya. Dalam sambutannya Bapak Walikota Kupang menyampaikan bahwa hanya umat Hindu kota Kupang yang belum dialokasikan oleh APBD untuk bisa merayakan hari raya keagamaannya, karena umat kristiani sudah dialokasikan melalui APBD kota kupang dalam Pawai Paskah, Umat Muslim dengan Pawai Maulid. Semoga di Tahun Depan umat hindu kota kupang bisa merayakan NYEPI dengan iringan jalan pawai Melasti ke Pantai Pasir Panjang dan Pawai Ogoh-ogoh menyambut tawur kesanga Tahun Baru Çaka, yang akan menjadi lengkap Kota Kupang menjadi ikon Kota KASIH dan bisa menjadi daya tarik wisata rohani/wisata spiritual. Sambutan Walikota Kupang ini pun disambut baik dan tepuk tangan oleh semua yang hadir dalam Acara Dharma Çanti Nyepi dan juga dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kota Kupang agar bisa mengalokasikan dari APBD.
Suasana Dharma Çanti Nyepi semalam 19-3-2016 di aula rumah Jabatan walikota kupang, dihadiri oleh seluruh umat hindu kupang NTT.
Acara Dharma Çanti Nyepi ini diantaranya :
1. Penampilan Sekehe Gong Ibu-ibu WHDI dengan tarian Panyembrama.
2.Pembukaan MC & Lagu Indonesia Raya
3.Pembacaan Sloka Bhagawadgita
4.Paduan Suara PD.KMHDI NTT dengan lagu Nyanyian Dharma : OM Swastyastu
5. Kata Sambutan : Laporan Panitia Pelaksana oleh Ketua WHDI kota kupang Ibu dr.Sinta Widari,Sp.KJ, dilanjutkan Ketua PHDI kota kupang (hikmah Nyepi) , Sambutan Walikota Kupang
6. Paduan Suara PD.KMHDI NTT lagu khas NTT, : OVA LANGGA
7. Doa Dharma Çanti Nyepi oleh pinandita dan makan malam.
8. Makan malam bersama seluruh umat hindu kupang, unsur muspida kota kupang, organisasi lintas agama (GMIT, GP.Ansor, Komunitas pemuda lintas agama, Kompak, dll)
9. Drama Bondres dan sendratari joged.
10. Foto bersama walikota kupang, ketua DPRD kota Kupang, Sekretaris Kota Kupang, Kapolres Kota Kupang, Dandim Kota Kupang, Kementerian Agama Kota Kupang, dll.
11. Acara selesai.
(Rary Triguntara, SKM)
www.hindukupang.com