27 Maret 2017, Panitia Nyepi Kota Kupang melaksanakan Pawai Ogoh-Ogoh yang baru dilaksanakan pertama kalinya sesuai Waktu yang tepat, yaitu hari Pengrupukan dan sekaligus melaksanakan Tawur Kesanga di Lapangan MAPOLDA NTT guna menyucikan segala perempatan atau catus pata yang dilewati oleh OGOH-OGOH. Ketua Panitia Nyepi 2017 Hindu Kupang yaitu Bapak I Wayan Wira Susana mengatakan Pawai Ogoh-Ogoh yang dipentaskan sebanyak 6 OGOH-OGOH yaitu 3 ukuran anak-anak dan 3 OGOH-OGOH ukuran dewasa.

Perempatan Catus Pata yang dilalui dan disucikan diantaranya :
Perempatan Patung Kirab Fatululi, Perempatan BI Kantor Gubernur NTT dan Perempatan Polda NTT.

Pawai Ogoh-Ogoh dan Tawur Kesanga oleh umat hindu kupang tahun 2017 di berbagai Perempatan atau Catus Pata bertujuan memberikan vibrasi energi keseimbangan dan penyucian Jagat antara Bhuwana Agung (alam semesta) dan Bhuwana Alit (mahluk hidup) di sekitar Kota Kupang sehingga berdampak kedamaian pada Masyarakat kupang serta masyarakat di provinsi Nusa Tenggara Timur secara umum.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Panitia NYEPI 2017 beserta Umat Hindu Kota & Kabupaten Kupang dalam menyambut Tahun Baru Saka 1939  sesuai TRI HITA KARANA yaitu :

1. Parahyangan : Melasti (25 maret), Pawai Ogoh-Ogoh & Tawur Kesanga (27 maret 2017)
2. Pawongan : Donor Darah & Pembagian Sembako (19 maret di Taman Nostalgia) & Pengobatan Gratis di Lembaga Pemasyarakatan Dewasa Penfui Kupang (24 Maret 2017) serta Dharma Santi Nyepi di aula rumah jabatan Walikota Kupang NTT (8 April 2017).
3. Palemahan : kerja bakti, penanaman pohon di taman Nostalgia dan penghijauan di jalur 40 (19 maret 2017).

Read more: Film Ogoh-Ogoh NYEPI 1939 Saka di Kupang NTT

OM Swastyastu

Menjelang Hari Raya Nyepi Umat Hindu Kota Kupang Laksanakan Serangkaian Kegiatan

Menyambut  Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939 yang jatuh pada tanggal 28 Maret 2017, Umat Hindu di wilayah Kota Kupang melaksanakan serangkaian  kegiatan antara lain karya bhakti pembersihan, penanaman pohon penghijauan, pembagian sembako dan donor darah seperti yang dilakukan pada hari minggu, 19 maret 2017,  bertempat di Taman Nostalgia Kupang.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai selesai jelang tengah hari.

Karya bhakti pembersihan Taman Nostalgia dan penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh umat Hindu Kota Kupang dan dihadiri juga oleh Personel Korem 161 Wira Sakti,   Brigif 21/ Komodo, Yonif 743/Pradnya Samapta Yudha, Kepolisian Polda NTT,  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kupang, PHDI Kota Kupang, Banjar Dharma Agung Kupang, WHDI NTT, WHDI Kota Kupang, Peradah NTT & Kota Kupang, KMHDI NTT, RSIA Dedari dan unsur umat Hindu lainnya.

Selesai karya bhakti kegiatan dilanjutkan dengan donor darah bekerja sama dengan Unit transfusi darah PMI NTT dengan didapatkan sebanyak 41 kantong darah.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pembagian Sembako kepada perwakilan warga miskin Kelurahan Fatubesi dan umat Hindu baik janda/duda sebanyak 100 paket Sembako.

Menurut koordinator seksi acara rangkaian Hari Raya Nyepi Anak Agung Gede Semara Putra mengatakan bahwa karya bhakti pembersihan, penanaman pohon dan Baksos donor darah serta pembagian Sembako adalah wujud bhakti dalam ajaran Hindu yaitu yang kita sebut sebagai "Tri Hita Karana" yaitu pertama, keharmonisan antara hubungan manusia dengan lingkungan (Palemahan) dengan penanaman pohon, bersihkan lingkungan alam sekitar kita.

Kedua, antara manusia dengan manusia atau sesama (Pawongan) melalui  kegiatan donor darah dan pembagian Sembako

Dan yang ketiga hubungan keharmonisan antara manusia dengan Sang Pencipta yaitu Tuhan Yang Maha Esa (Parahyangan) melalui bhakti upacara Yadnya, pelaksanaan Melasti, Tawur Kesanga serta puncaknya melaksanakan Brata Penyepian pada tanggal 28 Maret 2017. Kita Umat Hindu selalu eling, introspeksi diri serta menatap ke depan untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia

Adapun info Rangkaian Sambut hari raya Nyepi (28 maret 2017) ini diselenggarakan oleh : Panitia Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 Kota Kupang NTT.

Diinformasikan juga bahwa menyongsong perayaan Hari Raya Nyepi tahun ini juga akan dilaksanakan Pawai Ogoh-Ogoh pada tanggal 27 Maret 2017, pukul 13.00 Wita sampai selesai yang merupakan untuk pertama kalinya di Kota Kupang. Mengambil start dari halaman Kantor Wali Kota Kupang menuju Mapolda NTT dan diakhiri rangkaian upacara Tawur Kesanga dan persembahyangan di Lapangan Mapolda NTT.

Untuk  rangkaian hari raya NYEPI 2017 di Kota Kupang yaitu melasti, pawai ogoh-ogoh, tawur kesanga , tahun baru Saka 1939 dan Dharma Santi di kota Kupang NTT sudah bisa dilihat dalam website :

http://www.hindukupang.com/index.php/panitia-nyepi-2017/rangkaian-acara-nyepi-2017

 

OM Santi Santi Santi OM

SURAT KEPUTUSAN PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA (PHDI) KOTA KUPANG
NOMOR : 02/PHDI/KOTA/KPG/II/2017
TENTANG
SUSUNAN PANITIA PELAKSANA RANGKAIAN UPACARA HARI RAYA NYEPI
TAHUN BARU SAKA 1939 (MELASTI, TAWUR AGUNG, PAWAI OGOH-OGOH, NYEPI, DAN DHARMA SANTI)
KOTA KUPANG TAHUN 2017

 

SK NYEPI 2017

SK NYEPI 2017a

SK NYEPI 2017b

SK NYEPI 2017c

SK NYEPI 2017d

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI PANITIA NYEPI 2017 BISA KLIK DISINI

RINCIAN RANGKAIAN KEGIATAN DALAM RANGKA MENYAMBUT HARI RAYA NYEPI 1939 SAKA, KLIK DISINI (DOWNLOAD)
ATAU BISA DILIHAT PADA INFO/PENGUMUMAN BAGIAN BAWAH WEBSITE INI

SURAT EDARAN PHDI PUSAT JAKARTA TENTANG TEMA NASIONAL NYEPI 2017 , KLIK DISINI

KONTAK PHDI KOTA KUPANG :

SEKRETARIAT BERSAMA :  PURA OEBANANTA, JALAN SABU KELURAHAN FATUBESI KUPANG NTT
TELEPON : 082146080808 , 081286532440 , 085239082628

Film Pembuka (trailer durasi 9:20 menit) dalam dokumentasi liputan Rangkaian Upacara Ngenteg Linggih Pura Oebananta Kupang NTT :

 

 

Film Penjelasan (Original Movie durasi 1 jam) Rangkaian Upacara Ngenteg Linggih Pura Oebananta Kupang NTT

NL10

Karya Agung Ngenteg Linggih adalah rangkaian upacara pemberkatan Pura (tempat ibadah umat Hindu) yang bertujuan memberikan energi dan kekuatan suci secara spiritual kepada tempat suci atau Pura beserta bangunan-bangunan yang ada didalamnya, biasanya dilakukan >30 tahun bahkan 50 tahun sekali. Pura Oebananta yang tergolong Jagatnatha ini, adalah Pura yang pertama kali berdiri di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur sekitar tahun 1950an, yang piodalannya dilaksanakan setiap "Buda Kliwon Dungulan" atau hari raya Galungan menurut Sekapur sirih dari Pesamuhan Walaka yaitu Bapak Prof. Dr. I Gusti Bagus Arjana,MS. Upacara Ngenteg Linggih Pura Oebananta ini terakhir dilaksanakan pada tahun 1979 dan sekarang pada 7 september 2016 bertepatan dengan Hari Raya Galungan, kembali dilaksanakan Puncak Upacara Ngenteg Linggih guna menyucikan kembali Pura Oebananta akibat renovasi/pemugaran yang sudah dilakukan sejak tahun 2009-2016. Pura Oebananta ini pun sudah ditetapkan menjadi "Padma Bhuwana Nusantara" yaitu Pura wilayah tenggara yang wajib dikunjungi bila umat Hindu melaksanakan tirtha yatra di seluruh Nusantara Indonesia. 

Read more: Karya Agung Ngenteg Linggih Pura Oebananta Kupang