Acara Malam Dana Dharma Satya yang dilaksanakan pada tanggal 7 maret 2020, Jam 18:00WITA di Gedung Millenium Ballroom, Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dilaksanakan untuk mendukung Pembangunan Pendidikan Gedung Sekolah Hindu Saraswati di Kota Kupang NTT.
Sekolah Hindu Saraswati bernaung dibawah Yayasan Upanisada yang dibentuk oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kupang NTT.
Kegiatan Malam Dana Dharma Satya ini memiliki rangkaian acara :
1. Musik dan Lelang saat menyanyikan Lagu oleh Bapak Wakapolda NTT, Bapak Danrem 161 Wirasakti, dan Bapak Danlantamal VII
2. Fashion Show, Lelang berbagai Lukisan dari Bali, Lelang Uncut Money dari Bank Indonesia Provinsi NTT
3. Intrumental Musik Kolintang dari GitaJala Lantamal VII Kupang NTT
4. Penampilan Artis Bali, Dewi Pradewi
5. Prasmanan dan makan malam bersama menu nasional dan menu khas kuliner Bali , ayam betutu, sate lilit, bebek betutu, dll
6. Pementasan Drama Sendratari dari Sanggar Lopo Gaharu dengan cerita mengenai Dharma & Asura yang diperankan oleh siswa-siswi Hindu Kupang NTT.
7. Tarian Pendet, Tarian Barong & Rangda
dan berbagai acara menarik lainnya.

 

IMG 4644

 

Acara Malam Dana Dharma Satya ini dihadiri dan didukung oleh :
Gubernur NTT yang diwakili oleh Kepala Badan Keuangan Daerah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Yaitu Bapak Drs.Zakarias Moruk,
Bapak DR. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH , Walikota Kupang sebagai Kepala Daerah Pemerintah Kota Kupang,
Bapak Drs. Dumuliahi Djami, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang,
Wakapolda NTT, Bapak Brigjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.I.K., M.Hum.
Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI AL Bapak I Gusti Kompiang Aribawa , beserta Ibu
Danrem 161 Wirasakti , Bapak Brigjen TNI AD Syaiful Rahman, S.Sos
Kasrem 161 Wirasakti, Bapak Kolonel Inf I Kadek Subawa, S.Sos
Dandim 1604 Kupang, Bapak Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P
Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi NTT , Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja, ST, MDM atau yang mewakili kantor BI NTT.
Wakil Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi NTT, Bapak I Wayan Sadnyana
Kepala Bea Cukai Kupang, Bapak I Ketut Suardinaya
Kepala Bank BNI 46 Kupang, Bapak I Gede Wirata
Kepala Bank BRI Kuanino , Bapak I Komang Wahyu
Kepala Bank Mandiri Kupang, Bapak Dewa Satriawan
Berbagai Kepala Bank-Bank yang ada di Kupang NTT
Para Pengusaha yang ada di Kota Kupang,
Umat Hindu Kupang NTT,
dan Seluruh Donatur yang sudah menyumbang untuk mendukung pembangunan gedung sekolah Saraswati.

IMG 4645

Sekolah Hindu Saraswati di Kupang NTT ini sudah memiliki :
TK Hindu , Pratama Widya Pasraman Saraswati , Akreditasi B
SD Hindu, Adi Widya Pasraman Saraswati, Akreditasi A (nilai 96) dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Tahun 2019.
dengan Jumlah murid lebih dari 40 siswa-siswi, yang terdiri dari berbagai agama yaitu : Hindu, Kristen, Katolik dan islam .

Sejak 2016-2019 hingga Saat ini lokasi sekolah Hindu Saraswati masih meminjam gedung dan menempati areal di Pura Oebananta, di kelurahan Fatubesi Pasar Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang Provinsi NTT.

Terima Kasih diucapkan kepada Bapak, Ibu, Saudara, Saudari yang telah berdonasi (sedekah dana Punia) di acara Malam Dana Dharma Satya ini guna mendukung Pembangunan Gedung Sekolah Hindu Saraswati di Kupang NTT yang direncanakan akan dibangun di wilayah Jalur 40, kolhua, kecamatan maulafa, kota Kupang NTT dengan luas lahan yang telah dimiliki Yayasan Upanisada, 1500 meter persegi.
Acara Malam Dana Dharma Satya 7 Maret 2020 umat Hindu Kupang NTT ini berhasil mengumpulkan Uang donasi >600juta rupiah guna mendukung Pembangunan Gedung Sekolah Hindu yang direncanakan berlokasi di Jalur 40 kolhua dari alokasi rencana biaya Kebutuhan Dana pembangunan mencapai 5 Milyar dan bantuan dana dari Dirjen Bimas Hindu Pusat.

Video ini adalah cuplikan pertama atau film singkat mengenai acara Dharma Satya di Kupang NTT,
untuk video kedua, dan liputan secara lengkap, akan menyusul.

semoga bermanfaat karena berbagi kebaikan takkan pernah merugi dan selalu beruntung.

www.hindukupang.com

Berita 8 Maret 2020 : http://hindukupang.com/index.php/berita-kegiatan/90-malam-dana-dharma-satya-mendukung-sekolah-hindu-kupang-ntt

Koran Timor Express (TIMEX) : 9 Maret 2020 halaman 11
Koran Pos Kupang : 9 Maret 2020, halaman 9 dan 19
Koran Victory News : 10 Maret 2020, halaman 6
Berita Online 9 Maret 2020 : https://kupang.tribunnews.com/2020/03/09/malam-dana-pembangunan-sekolah-hindu-pertama-di-ntt-kumpulkan-rp-350-juta

timex1


pk1

pk2

pk3

pk4

victory1

victory2

 

Bank NTT

3 Maret 2020, Hindukupang.com bersama Bank NTT telah menerima donasi (dana punia) untuk mendukung Pembangunan Gedung Sekolah Hindu Saraswati Kupang senilai Rp.10.000.000 serta Bantuan Pembangunan Gedong Penyimpenan untuk Pura Oebananta Kupang sebesar Rp.10.000.000 yang diterima secara langsung oleh Pengurus Bapak I Ketut Nurata (Wakil Ketua Pengempon) Pura Oebananta, Kupang.

Terima Kasih diucapkan kepada Bank NTT Kantor Pusat yang telah mendukung berbagai kegiatan umat Hindu di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya kepada Bapak Yohanis Landu Praing (Direktur Umum Bank NTT) yang sudah mendukung, serta Bapak Rahmat Saleh (Kepala Divisi Umum Bank NTT) yang saat serah terima donasi diwakilkan oleh Bapak Jemmy Matias Toelle (Kasubdiv Logistik Bank NTT) disaksikan oleh Bapak I Ketut Edy Suryantha (kasubdiv Recruitment dan Penempatan divisi SDM).
Kegiatan Ayo Baca Bhagavad Gita pada 1 Maret 2020 yang dilaksanakan oleh PD.KMHDI NTT pun didukung oleh bank NTT senilai Rp10.000.000, begitupun donasi Bank NTT yang diberikan kepada Pura Agung Giri Kertha Bhuwana di kolhua senilai Rp. 20.000.000 pada akhir tahun 2019.

Semoga niat baik yang tulus dengan melayani lebih sungguh dari Bank NTT selalu menginspirasi banyak pihak dalam berbagi guna mendukung kegiatan sosial , masyarakat dan keagamaan.

Donasi yang diterima untuk Pembangunan Sekolah Saraswati dari Bank NTT ini pun pada 4 maret 2020 telah diserahkan hindukupang.com kepada Yayasan Upanisada yang menaungi Pendidikan Hindu Kupang NTT yakni Pratama Widya Pasraman Saraswati (TK Hindu) dan Adi Widya Pasraman Saraswati (SD Hindu). (admin)

donasi hindu kupang1

Bhagavad Gita2

PD.KMHDI NTT melaksanakan Kegiatan "Ayo Baca Bhagavad Gita" di aula Rumah Jabatan Gubernur NTT. 1 Maret 2020, jam 09:05wita.
Suasana Registrasi Pendaftaran peserta dan Pengambilan Buku Kitab Suci Hindu Pancama Veda Bhagavad Gita yang dibagikan secara Gratis kepada Umat Hindu Kupang NTT ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak dan juga kehadiran Para Narasumber Ayo Baca Bhagavad Gita yang sudah terkenal di Bali bahkan mendunia.

Acara Pembukaan yang dimulai, 09:15wita Bertempat Di aula rumah Jabatan Gubernur NTT.

Ayo Baca Bhagavad Gita dan Sosialisasi Ekonomi Digital yang dilaksanakan oleh Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (PD.KMHDI NTT) bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan NTT mendatangkan Narasumber :
1. Ida Rsi Agung Nanda Kusuma Wijaya Manuaba , Sulinggih dari Provinsi Nusa Tenggara Timur , mengenai keagungan Bhagavad Gita.
2. Rasa Acharya Prabhu Darmayasa , Pendiri Meditasi Angka, Penerjemah Bhagavad Gita dan Ahli Sanskrit (bahasa Sansekerta)  serta cara membaca kitab Suci Hindu dengan baik dan benar.
3. Pandit Maharaj Jai Kishan Goswami, dari Vrindaban Mathura (India) , mengenai Hindu in General dan kehidupan Spiritual para Yogi di India.
4. I Nyoman Ariawan Atmaja, Kepala Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Provinsi NTT dengan peranan ekonomi digital dan pentingnya SDM Hindu dalam memperkuat Catur Purusa Artha.

Bhagavad Gita3

Acara Ayo Baca Bhagavad Gita ini mengangkat  Tema : kenali Hindu Melalui Bhagawad Gita untuk memperkuat Jati Diri.
dilanjutkan Laporan dari Ketua Panitia Ayo Baca Bhagavad Gita : Sdri.Nilla Arie Permata serta
Kata sambutan Ketua PD.KMHDI NTT : Sdr.I Putu Gede Suastra Wirawan,
event ini dibuka secara resmi oleh Ketua PHDI NTT : Bapak I Wayan Darmawa dengan membunyikan Gong.

Total peserta yang hadir >300orang, yang Turut dihadiri oleh :
Kepala Bank Indonesia NTT,
KasRem 161 Wirasakti,
Dandim 1604 Kupang,
LantamaL VII,
PHDI NTT,
Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) NTT,
PHDI Kota Kupang,
PHDI Kabupaten Kupang,
Pembimas Hindu NTT,
Banjar Dharma Agung Kupang,
WHDI NTT,
WHDI kota Kupang,
Peradah NTT,
Peradah Kota Kupang,
PD.KMHDI NTT,
Forum Alumni KMHDI,
Puskor Hindunesia,
LPDG,
Pasraman Upanisada,
SD Hindu Adi Widya Pasraman Saraswati,
Koperasi,
Berbagai Organisasi dan Lembaga Hindu Kupang NTT,
Para Tokoh-tokoh Hindu Kupang NTT,
Warga Tempekan, dan
Umat Hindu Kupang NTT,

Seusai Pembacaan Bhagavad Gita dan sloka Suci, Acara Pun ditutup dengan doa bersama dan foto bersama seluruh peserta dan panitia pelaksana PD.KMHDI NTT. (kgun)


www.hindukupang.com

Bhagavad Gita1

Bhagavad Gita4

Bhagavad Gita

OM Swastyastu

Dengan bangga Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hndu Dharma Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (PD KMHDI NTT) mempersembahkan kegiatan :

AYO BACA BHAGAVAD GITA
Dengan Tema "Kenali Hindu Melalui Bhagavad Gita Untuk Memperkuat Jati Diri"

Acara tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Minggu, 1 Maret 2020
Waktu : 08.00 WITA - selesai
Tempat : Aula Rumah Jabatan Gubernur

Read more: Ayo Baca Bhagavad Gita

 Gubernur NTT

 

Pertemuan bersama Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Bapak Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Panitia Malam "DHARMA SATYA" persiapan acara 7 maret 2020, untuk mendukung pembangunan Sekolah Hindu Kupang NTT.

Suasana Audiensi Bersama Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Bapak Viktor Bungtilu Laiskodat, untuk Kesediaan Hadir dalam Acara Malam Dharma guna mendukung Pembangunan sekolah Hindu yang bernaung di Yayasan Upanisada. 24 Februari 2020, jam 13:00wita ini, Turut dihadiri oleh :
Bapak Laksamana Pertama I Gusti Kompiang Aribawa , Komandan Lantamal VII.
Bapak Prof.DR. Ir. I Nyoman Widiartha Mahayasa, MP , Guru Besar Universitas Nusa Cendana Kupang, dan Penemu ekstrak dodol Pohon Lontar.
Bapak DR. Ir. I Gusti Bagus Adwita Arsa, MP , Sekretaris PHDI NTT,
Bapak I Wayan Wira Susana,SE, Ketua PHDI Kota Kupang,
Bapak dr.Dewa Putu Sahadewa,Sp.OG (K),  Ketua Panitia Pembangunan Sekolah Hindu (PPSH),
Ibu Ni Nyoman Suparwati,S.Pd, Kepala Sekolah Dasar Hindu Adi Widya Pasraman Saraswati Kupang NTT
Bapak I Nengah Aditenaya,S.Pd, M.Si , Guru Pasraman Upanisada, Pemerhati Pendidikan Hindu Kupang.
Sdr. Guntara,SKM , Pengurus Yayasan Upanisada dan media informasi umat hindukupang.com
Bapak Anwar Pua Geno , Staf Khusus Gubernur NTT.

Pembicaraan untuk memajukan pendidikan sangat diapresiasi oleh Gubernur NTT demi mewujudkan Program Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yaitu NTT Bangkit NTT Sejahtera, yang berfokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk NTT maju.

Read more: Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Mendukung Pendidikan Berkarakter