BAN7

BAN5

28 Des 2019, jam 16:36wita, di ruang serbaguna Pura Oebananta, Suasana Serah terima Piagam Akreditasi Sekolah Hindu Saraswati Kupang oleh koordinator Badan Akreditasi Nasional BAN SD yg meraih Akreditasi A dengan nilai 96. Turut hadir pengurus Yayasan Upanisada, Pak I Wayan Wira (Ketua PHDI Kota Kupang), para guru SD Hindu, pak Joni dan ibu Hj.Nur dari BAN-SD.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Sekretaris PHDI kota Kupang Bapak Dr.I Gusti Made Budiana dilanjutkan dengan Kata sambutan dari Ketua Yayasan Upanisada Bpk.Anak Agung Gede Sayang Mega Putra,SE, yang menyampaikan bahwa SD Hindu Saraswati Kupang saat ini menerima siswa-siswi dari berbagai wilayah, bahkan ada Masyarakat sekitar baik yang beragama katolik, Kristen dan Islam juga turut menyekolahkan anaknya di SD Hindu Saraswati Kupang, karena ajaran yang universal sesuai kurikulum Nasional, serta ada ciri khas SD Hindu Adi Widya Pasraman Saraswati ini yang sangat unik yaitu adanya :
1. Kelas Tarian / menari bagi siswa-siswi
2. Senam Yoga Surya Namaskar
3. Kelas Meditasi bagi para siswa-siswi
4. Kelas Bahasa Inggris
5. Kelas Aksara Bali.
6. Kelas belajar, baca Sloka VEDA Bhagawad Gita, di alam terbuka
Dan masih banyak lagi.

Bapak Joni sebagai tim asesor, mengungkapkan ternyata sekolah Dian Harapan (Lippo Group) dalam 1thn juga mendapat nilai 91 Akreditasi A, sedangkan SD Hindu Saraswati ini pun mampu mendapatkan Akreditasi A dengan nilai 96 yang menjadi rujukan tidak hanya seluruh NTT tetapi Secara Nasional bahkan Global Karena sudah berstandar mutu kualitas internasional.

BAN6

 

Menurut Pak Joni koordinator Pelaksana Akreditasi wilayah NTT (Asesor Lintas jenjang sekolah), Bapak Joni, mengatakan Saatnya Sekolah Dasar Hindu Saraswati Kupang, memberikan Keahlian , kompetensi kepada siswa-siswi, yang berbasis budaya, Bisa dengan seni tarian, mejejahitan, ukiran patung, ukir batu, seni lukisan, dan lainnya, sehingga SD Hindu Saraswati menjadi berkelas secara Nasional dan Internasional.

Dan Beliau mengatakan dengan meraih Akreditasi A nilai 96 ini masa berlaku 4thn, Sehingga diharapkan Yayasan Upanisada serta SD Hindu Adi Widya Pasraman Saraswati bisa mempertahankan empat tahun lagi.

Sudah Saatnya seluruh stakeholder Hindu mampu menggugah Kepala Daerah baik kota dan Provinsi NTT untuk bisa hadir saat Groundbreaking peletakan batu pertama pembangunan sekolah Hindu.

Acara pun diisi dengan Testimoni kesaksian Ibu Ni Nyoman Suparwati,S.Pd sebagai Kepala Sekolah dari proses Penilaian Akreditasi Adi Widya Pasraman Saraswati, SD Hindu Kupang Dengan Berbagai kriteria penilaian oleh tim asesor pusat dalam mencari celah kesalahan/kekurangan dari SD Hindu Saraswati :

1. Kurikulum
2. Bank Soal
3. Kisi-kisi soal
4. Praktek Guru saat mengajar secara insidentil
5. Kecocokan nilai RPP
6. Sarana dan Prasarana (SarPras) penunjang pendidikan Hindu, seperti perpustakaan, ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), dll
7. Penangkal petir
8. Kebersihan Toilet Siswa & Siswi
9. Serta berbagai standar penilaian akreditasi, seperti  pemadam kebakaran, dll

Sampai asesor tidak menemukan kekurangan, maka dari penilaian Asesor sangat layak SD Hindu Saraswati Kupang memperoleh nilai maksimal 96 dengan Akreditasi A.

BAN1

BAN2

BAN3

 

Sekapur sirih dari Bapak I Nyoman Bagia (sesepuh dan perintis Yayasan Upanisada pendidikan Hindu) , menurut beliau beberapa tahun lalu dari TK Hindu Saraswati mencapai Akreditasi B, saat ini SD Hindu Saraswati bisa mencapai Akreditasi A, syukur diucapkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Kuasa dan para pendukung semua pihak dalam pendidikan Hindu Kupang.

Apresiasi dan terima kasih diucapkan kepada seluruh umat Hindu atas bantuannya dan masyarakat NTT yang telah menyekolahkan anaknya di TK & SD Hindu Saraswati yang berlokasi di Areal Pura Oebananta yang dekat Pasar Oeba, Kelurahan Fatubesi Kota Kupang NTT ini. 

Bapak ⁨Nyoman Pasek⁩ , Ketua Komite SD Hindu Saraswati, orang tua murid siswa-siswi Hindu juga memberi kesaksian, dan apresiasi terima kasih, Bersama Bendahara Yayasan Upanisada ibu ⁨Ni Nyoman Yuliani⁩ yang penuh semangat dalam memajukan pendidikan Hindu Kupang ini.

BAN4

Setelah serah terima Hasil Akreditasi dilanjutkan Wawancara dari wartawan, kepada Asesor , Ketua Yayasan Upanisada, dan Ketua PHDI kota Kupang.

Kemudian Foto Bersama, seusai Serah Terima Hasil Akreditasi A dgn nilai 96 kepada Sekolah Hindu Saraswati Kupang.

28 Des 2019, jam 18:53wita, Acara pun diakhiri dengan syukuran santap malam , dan sembaHYANG bersama Yayasan Upanisada guna mengucap syukur atas hasil akreditasi SD Hindu Saraswati Kupang yang telah meraih Akreditasi A dengan nilai terbaik 96 dari seluruh ratusan sekolah yang ada di 22 kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Guntara)

Http://www.hindukupang.com

Semoga bermanfaat karena berbagi kebaikan takkan pernah merugi dan selalu beruntung.

#adiwidyapasramansaraswati , #sdhindusaraswati , #sdhindu , #hindukupang , #hinduntt , #akreditasisekolahdasar , #yayasanupanisada , #sekolahdasarHinduSaraswatikupang

winten6

 

Tirtha Yatra dan Dharma Yatra Pandita Ida Nabe Shri Bhagawan Istri Laksmi Ratu Manik di Pura Oebananta, kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, 8 Des 2019 (Banyu Pinaruh), jam 20:00wita.
Ritual upacara dimulai dengan Puja , sembaHYANG bersama, Nunas Tirtha yg turut dihadiri oleh Ketua Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Korwil NTT Bapak Mangku I Made Suparta dan para Pinandita, serta hadir juga umat Hindu Kejawen Jawa, Hindu Bali, dan Hindu Kupang NTT.

Selanjutnya dilakukan penyerahan Dana Punia dari Ida Nabe Shri Bhagawan Istri Laksmi Ratu Manik kepada Pengempon Pura Oebananta yang diterima oleh perwakilan umat Hindu Kupang NTT.


Rangkaian acara, Tirtha Yatra dan Dharma Yatra yaitu :.....

Read more: Tirtha Yatra dan Dharma Yatra Ida Nabe Shri Bhagawan Istri Laksmi Ratu Manik di Kupang NTT

whdi ngada1

Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) provinsi NTT dan kabupaten Ngada bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Implementasi Kurikulum 2013 bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Bajawa Kabupaten Ngada (19-21 nov 2019). kegiatan yang diikuti oleh 80 orang para guru Paud, TK, kelompok Belajar, dll, acara ini didukung penuh oleh Direktorat PAUD dan DIKMAS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan menghadirkan 4 narasumber Nasional dan 1 pembicara lokal yakni Kepala dinas Pendidikan kab. Ngada yang hadir dan membuka kegiatan tersebut dan menyampaikan kebijakan setempat berkaitan dengan pembinaan Paud di Kabupaten Ngada.

Para narasumber diantaranya : 

1. Dr. H. Muhammad Hasbi : Direktur Pembinaan PAUD
2. Dr.Phil. Yudi Sukmayadi, M.Pd : Universitas Pendidikan Indonesia
3. Dr. Aam Kurnia, M.Pd : UIN Sunan gunung Djati Bandung
4. Wiwik Chitra Pratiwi, S.Pd : Taman Belia Candi Semarang
5. Siti Donatirin : BP PAUD Yogyakarta

sebagai narasumber pada kegiatan "Peningkatan kapasitas implementasi Kurikulum 2013 PAUD" Pada tanggal 19-21 November 2019 di Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Acara dibuka kepala dinas pendidikan kabupaten Ngada Bapak Drs. Vinsensius Milo, MM yang membuka kegiatan, didampingi Ibu Dewa Ayu Suswati sebagai Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (WHDI NTT).


Materi disampaikan dengan metode ceramah, micro teaching, dan praktek. Pada micro teaching melibatkan 10 anak-anak dari Paud Kemala Bhayngkari, dimana ditunjukkan bgmn proses belajar dan bermain pada anak2 Paud
Kegiatan ini dilaksanakan di 80 kabupaten terpilih di seluruh Indonesia, khususnya Indonesia bagian Timur. Di NTT dilaksanakan di 3 kabupaten, yaitu sikka, bajawa dan Ende, dimana 2 diantaranya yaitu Sikka dan Bajawa diberi kesempatan WHDI sebagai penyelenggara.
Dalam kegiatan praktek. Peserta diberikan pelatihan menggunakan Loose Part atau material2 yg ada di sekitar. Yang tdk digunakan lagi
Membuat permainan dari benda-benda yang tidak berbahaya bagi kesehatan. ( hindukupang.com) gun
Foto  : kegiatan pembukaan. Micro teaching bersama anak-anak paud

 

whdi ngada2

bintt7

Menghadiri kuliah umum & pelantikan ISEI kupang NTT di aula Unika lantai 3, 26 sept 2019, jam 14:22-18:00wita, Mengenal Lebih dekat peran sentral Bank Indonesia Oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Pusat Jakarta, Ibu Destry Damayanti,S.E,M.Sc.

Acara ini turut dihadiri Rektor Universitas Katolik Widya Mandira, Walikota Kupang, Kepala BI NTT, Kepala OJK NTT, Kepala Bank NTT dan bank lainnya. Acara pun diakhiri dengan penyerahan program sosial Bank Indonesia (PSBI) oleh Ibu Destry Damayanti,S.E,M.Sc selaku Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Pusat Jakarta berupa bantuan sarana dan prasarana untuk pendidikan sekolah Hindu yang diterima secara langsung oleh Ketua PHDI Kota Kupang, Bapak I Wayan Wira Susana.
Terima Kasih Ibu Deputi dan Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja (Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT) untuk bantuan sarana dan prasarana yang diberikan kepada Pendidikan Sekolah Hindu Saraswati Kupang NTT.

Www.hindukupang.com

bintt

BI-NTT

Suasana serah terima Bantuan Bank Indonesia Provinsi NTT, kepada pengempon Pura Agung Giri Kertha Bhuwana untuk dana bantuan renovasi areal Pura sebagai Rumah ibadah umat Hindu , sebesar 50juta, pada tanggal 6 sept 2019, jam 14:30wita, yang diserahkan langsung oleh Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja (Kepala Bank Indonesia Provinsi NTT) kepada Bapak Ngurah Armaya (Pengempon Pura Agung Giri Kertha Bhuwana). Bapak Ngurah Armaya mengucapkan terima kasih (matur suksma) kepada BI Kantor Perwakilan NTT, dan mengatakan bantuan sebesar 50juta ini akan digunakan untuk memperbaiki Pura Agung Giri Kertha Bhuwana di Kolhua yang saat ini sedang di renovasi, pagar keliling, dan penataan parkir.

 BI-NTT3

Menurut Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja, peran Bank Indonesia (BI) sebagai Bank Sentral memiliki fungsi dalam pengendalian inflasi atau penyusutan nilai mata uang dan daya beli di masyarakat, dan sejak tahun 2004 program sosial Bank Indonesia berupa Coorporate Social Responsibility (CSR) ini pun sudah membantu semua Agama di Indonesia termasuk menyasar beberapa hal dasar yaitu :

1. Pembangunan Tempat Ibadah
2. Pembangunan Pendidikan, berupa beasiswa di dua Universitas di NTT yaitu UNDANA dan Universitas di Flores, yang berkaitan dengan jurusan fakultas mengenai Ekonomi, yang berkaitan dengan Program strategis Bank Indonesia.
3. Membangun Ekonomi berbasis Kerakyatan, diantaranya hortikultura, pengendalian 7 bidang penyebab inflasi di masyarakat, dan lainnya.
4. Menjaga Lingkungan Hidup seperti penanaman pohon, tempat sampah, Kebersihan lingkungan, dan lainnya.

BI-NTT2

BI-NTT4

Turut hadir Bapak Andre dan Bapak Henry (dari Bank Indonesia Kantor Perwakilan NTT), Ketua PHDI Kota Kupang, Ketua Banjar Dharma Agung Kupang, Kepala Pasraman Upanisada, dan akhir acara ditutup dengan penjelasan mengenai terobosan Bank Indonesia yaitu QRIS (Quick Response Indonesia Standar) dan mata uang digital, serta pentingnya pengendalian inflasi di masyarakat melalui dukungan dan sosialisasi kepada tokoh-tokoh Agama, unsur pemerintahan, sekolah-sekolah, kampus universitas dan berbagai komunitas di masyarakat secara berkesinambungan dan berkelanjutan.
www.hindukupang.com

 (Guntara)