BI-NTT

Suasana serah terima Bantuan Bank Indonesia Provinsi NTT, kepada pengempon Pura Agung Giri Kertha Bhuwana untuk dana bantuan renovasi areal Pura sebagai Rumah ibadah umat Hindu , sebesar 50juta, pada tanggal 6 sept 2019, jam 14:30wita, yang diserahkan langsung oleh Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja (Kepala Bank Indonesia Provinsi NTT) kepada Bapak Ngurah Armaya (Pengempon Pura Agung Giri Kertha Bhuwana). Bapak Ngurah Armaya mengucapkan terima kasih (matur suksma) kepada BI Kantor Perwakilan NTT, dan mengatakan bantuan sebesar 50juta ini akan digunakan untuk memperbaiki Pura Agung Giri Kertha Bhuwana di Kolhua yang saat ini sedang di renovasi, pagar keliling, dan penataan parkir.

 BI-NTT3

Menurut Bapak I Nyoman Ariawan Atmaja, peran Bank Indonesia (BI) sebagai Bank Sentral memiliki fungsi dalam pengendalian inflasi atau penyusutan nilai mata uang dan daya beli di masyarakat, dan sejak tahun 2004 program sosial Bank Indonesia berupa Coorporate Social Responsibility (CSR) ini pun sudah membantu semua Agama di Indonesia termasuk menyasar beberapa hal dasar yaitu :

1. Pembangunan Tempat Ibadah
2. Pembangunan Pendidikan, berupa beasiswa di dua Universitas di NTT yaitu UNDANA dan Universitas di Flores, yang berkaitan dengan jurusan fakultas mengenai Ekonomi, yang berkaitan dengan Program strategis Bank Indonesia.
3. Membangun Ekonomi berbasis Kerakyatan, diantaranya hortikultura, pengendalian 7 bidang penyebab inflasi di masyarakat, dan lainnya.
4. Menjaga Lingkungan Hidup seperti penanaman pohon, tempat sampah, Kebersihan lingkungan, dan lainnya.

BI-NTT2

BI-NTT4

Turut hadir Bapak Andre dan Bapak Henry (dari Bank Indonesia Kantor Perwakilan NTT), Ketua PHDI Kota Kupang, Ketua Banjar Dharma Agung Kupang, Kepala Pasraman Upanisada, dan akhir acara ditutup dengan penjelasan mengenai terobosan Bank Indonesia yaitu QRIS (Quick Response Indonesia Standar) dan mata uang digital, serta pentingnya pengendalian inflasi di masyarakat melalui dukungan dan sosialisasi kepada tokoh-tokoh Agama, unsur pemerintahan, sekolah-sekolah, kampus universitas dan berbagai komunitas di masyarakat secara berkesinambungan dan berkelanjutan.
www.hindukupang.com

 (Guntara)

 

IAHN-TP

Tabe salamat lingu nalatai salam sujud kerendem malempang
Artinya : selamat bertemu semoga dalam keadaan bahagia

Tim pengabdian pada masyarakat antar propinsi, institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah, melakukan Simakrama/Silaturahmi dan sharing informasi moderasi beragama umat Hindu di Kota Kupang (27 Agst 2019) dan kabupaten Ende (28 Agst 2019) Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Diawali dengan sembaHYANG dan "Dharma Tula" berdiskusi bersama Dosen-Dosen Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangkaraya yang berkunjung di Pura Oebananta Kupang NTT.

Turut hadir Bapak Prof.Drs.I Ketut Subagiasta,M.Si,D.Phil sebagai Rektor IAHN-TP bersama Dosen-Dosen Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangkaraya dari Kalimantan Tengah yang berkunjung di Pura Oebananta Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, 27 agst 2019, jam 16:00-19:30 WITA.

Acara diisi dengan profil singkat mengenai aktifitas Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangkaraya, biaya per semester, berbagai fasilitas penunjang dan juga bagaimana merangkul kearifan lokal (local genius) penghayat kepercayaan sebagai bagian dari Hindu Nusantara.

Akhir diskusi memperoleh tanggapan mengenai Besar harapan agar para mahasiswa dan lulusan Sarjana Agama Hindu, bisa dan mau melakukan pengabdian ke NTT termasuk juga beasiswa anak-anak NTT untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi di Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangkaraya.

Tim Pengabdian dari Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah yang berkunjung ke Pura Oebananta Kupang NTT adalah :

Read more: Kunjungan Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangkaraya ke Hindu Kupang NTT

hibah

Serah terima Tanah Hibah, dan Penandatanganan MOU dan Berita Acara.

Suasana Hibah Serah Terima Tanah 1500m² dari Panitia PLSH (Pengadaan Lahan Sekolah Hindu) oleh Ketua PLSH Bapak Dokter Sahadewa,Sp.OG untuk pendidikan Hindu Kupang dalam pembangunan Pasraman Saraswati, di Jayaphita Homestay, 25 agst 2019 , jam 09:00wita.
Turut Hadir : PHDI NTT, PHDI Kota Kupang, WHDI, Yayasan Upanisada, Banjar Dharma Agung Kupang, Puskor Hindunesia, Guru TK dan SD Hindu / Pasraman Saraswati.

.hibah1 hibah6

Read more: Hibah Tanah untuk Pembangunan Pendidikan Hindu di Kupang NTT

 

Suasana Pawai Kemerdekaan HUT RI ke 74 , start dari Rumah Jabatan Gubernur NTT menuju perempatan polda, jl. Herewila, jl.palapa, kantor pos, jl w.j Lalamentik, bundaran BI, dan finish Gedung Sasando kantor Gubernur NTT , 19 agst 2019 jam 14:00wita-20:00wita. Pawai Dibuka dan Dilepas oleh Gubernur NTT, didampingi oleh Ketua DPRD NTT, Komandan Lantamal VII, KasRem Wirasakti, Kepala Dinas Pariwisata NTT dan Forkopimda NTT.

BI1

Bank Indonesia (BI) sebagai Bank Sentral memiliki peran penting didalam menjaga kestabilan mata uang serta mengendalikan inflasi / penyusutan nilai mata uang. Oleh karena itu peran strategis ini perlu terus dikembangkan ke berbagai stakeholder, lembaga, organisasi serta komunitas di masyarakat.
Pertemuan antara Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI Kota Kupang) Bapak I Wayan Wira Susana bersama Bapak I Nyoman Ariawan, Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, dilaksanakan 12 Agustus 2019, dengan membahas berbagai hal, diantaranya pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengembangan ketahanan kebutuhan pokok kepada masyarakat, dan berbagai topik lainnya berkaitan dengan pengendalian inflasi di masyarakat NTT khususnya wilayah Kota Kupang.

Luasan Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari 21 Kabupaten dan 1 Kotamadya ini memiliki pemetaan daerah kepulauan maritim yang terletak di Tenggara Indonesia, dengan cuaca beriklim tropis. Kota Kupang sebagai ibukota Provinsi NTT sebagai pusat aktifitas pemerintahan, memiliki potensi bidang ekonomi, bidang pariwisata dan lainnya, sehingga Bank Indonesia memiliki banyak peran di dalam menjaga peredaran mata uang dan pengendalian inflasi di masyarakat.

Read more: Pertemuan PHDI Kota Kupang bersama Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur